Pages

Kamis, 02 Juni 2011

Keutamaan Bulan Rajab


 "رجب شهر الله ، و شعبان شهري ، و رمضان شهر أمتي"

Artinya:
"Rajab adalah bulan Allah SWT, dan Sya'ban Adalah bulan ku, sedangkan Ramadhan adalah bulan umatku".

Di dalam kitab "Kanzun Najah Wassurur" disebutkan bahwa keutamaan bulan Rajab dibanding bulan-bulan lainnya bagaikan keutamaan ummat nabi Muhammad SAW. dibanding ummat yang lain.
Barang siapa menghidupkan malam pertama bulan Rajab dan mengisinya dengan berbagai ibadah, membaca al quran atau yang lainnya, maka hatinya tidak akan mati tatkala semua hati manusia mati.Allah akan memberikan kebaikan untuknya, dosa-dosanya diampuni dan kelak kemudian hari mendapat keistimewaan dapat menolong 70.000 ummat manusia yang semestinya masuk ke dalam neraka.
Dalam bulan Rajab dianjurkan memperbanyak berdo'a dan memohon kepada Allah SWT.
Disebutkan dalam hadits : "Ada lima malam dimana do'a yang dipanjatkan tidak akan ditolak, yaitu Permulaan malam bulan Rajab, malam pertengahan dari bulan sya'ban, malam jum'at, malam Iedul Fitri dan malam Iedul Adha."
Pada bulan Rajab, Nabi Muhammad SAW. sering membaca do'a :

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا شَهْرَ رَمَضَانَ، واَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَحِفْظِ اللِّسَانِ، وَغَضِّ الْبَصَرِ، وَلاَ تَجْعَلْ حَظَّـنَا مِنْهُ الْجُوعَ وَالْعَطَشَ
Artinya :
“Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, sampaikan kami pada bulan Ramadhan. Bantulah kami untuk melakukan puasa, qiyamul layl, menjaga lisan dan menjaga pandangan, dan jangan jadikan puasa kami hanya lapar dan dahaga.”

Sedangkan anjuran amalan-amalan di bulan Rajab sangatlah banyak, diantaranya ialah memperbanyak membaca do'a, puasa Rajab, memperbanyak shalat sunnah, membaca surat yasin, membaca shalawat dan istighfar serta dianjurkan memperbanyak membaca sayyidul istighfar.
Dalam sebuah kitab disebutkan, barang siapa membaca istighfar :   أَللَّّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ
Setiap pagi dan sore dalam bulan Rajab sebanyak 70 kali dengan mengangkat tangan, maka kelak di Hari akhir akan diselamatkan dari api neraka.

2 komentar:

alhamdulillah ..!
Hopefully what we do in life is not futile

Amiii....n Yaa Rabbal 'Alamien!
Tiada usaha yang sia-sia!
"مَنْ جَدَّ وَجَدَ"
Barang siapa yang bersungguh-sungguh,maka dia akan mendapatkan apa yang ia inginkan!
semoga semua yang kita harapkan dikabulkan oleh Allah SWT.
Amiiin............!!!

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More